PENERAPAN ALGORITMA RANUT BALIK (BACKTRACKING) DALAM N-QUEEN PROBLEM PERMAINAN CATUR

 (*)Fritno Purba Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Permainan catur merupakan permaianan yang mengasah otak yang sudah ada sejak zaman romawi.Bentuknya yang sederhana tidak mengurangi kompleksitas dalam mengatur strategi dan cara untuk memainkannya. Bermain catur sama halnya sedang memimpin sebuah peperangan, langkah taktis yang efektif dan efisien sangat diperlukan, kesalahan kecil saja dapat merugikan seluruh sektor yang ada. Selain itu mental pemain juga sangat berpengaruh layaknya kondisi pisikologi tentara pada saat peperangan.Strategi bermain catur adalah belajar mengenali langkah lawan. Teorigraf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya.Teori-teori di dalamnya dapat merepresentasikan suatu masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk graf (kumpulan simpul (nodes) yang dihubungkan satu sama lain melalui sisi(edges)
Kata Kunci: N-queen, Algoritma Bactracking

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 250 times | PDF View: 553 times

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN ALGORITMA RANUT BALIK (BACKTRACKING) DALAM N-QUEEN PROBLEM PERMAINAN CATUR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA Journal 
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License