PENERAPAN ALGORITMA RANUT BALIK (BACKTRACKING) DALAM N-QUEEN PROBLEM PERMAINAN CATUR

 (*)Fritno Purba Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Permainan catur merupakan permaianan yang mengasah otak yang sudah ada sejak zaman romawi.Bentuknya yang sederhana tidak mengurangi kompleksitas dalam mengatur strategi dan cara untuk memainkannya. Bermain catur sama halnya sedang memimpin sebuah peperangan, langkah taktis yang efektif dan efisien sangat diperlukan, kesalahan kecil saja dapat merugikan seluruh sektor yang ada. Selain itu mental pemain juga sangat berpengaruh layaknya kondisi pisikologi tentara pada saat peperangan.Strategi bermain catur adalah belajar mengenali langkah lawan. Teorigraf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya.Teori-teori di dalamnya dapat merepresentasikan suatu masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk graf (kumpulan simpul (nodes) yang dihubungkan satu sama lain melalui sisi(edges)
Kata Kunci: N-queen, Algoritma Bactracking

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 232 times | PDF View: 490 times

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PENERAPAN ALGORITMA RANUT BALIK (BACKTRACKING) DALAM N-QUEEN PROBLEM PERMAINAN CATUR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License