IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN SABUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE APRIORI ( Studi Kasus : PT. Unilever)

 (*)Nurul Adha Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan, —)
 Lince Tomoria Sianturi (, —)
 Edward Robinson Siagian (, —)

(*) Corresponding Author

Abstract

Data mining merupakan proses untuk mendapatkan informasi yang berguna dari gudang basis data yang berupa ilmu pengetahuan.Penelitian ini melakukan analisa data dengan menggunakan data mining dan metode algoritma appriori. Algoritma apriori adalah algoritma yang paling terkenal untuk menemukan pola frekuensi tinggi. Algoritma apriori dibagi menjadi beberapa tahap yang disebut narasi atau pass  Pembentukan kandidat itemset, kandidat dibentuk dari kombinasi (k1)-itemset yang didapat dari iterasi sebelumnya.  Satu cara dari algoritma apriori adalah adanya pemangkasan kandidat yang subset-nya yang berisi k-1 item tidak termasuk dalam pola frekuensi tinggi dengan panjang k-1.Penjualan produk sabun, mengalami peningkatan setiap bulannya, produk yang ditawarkan bermacam merek, merek mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk tersebut, untuk mengetahui merek dengan penjualan terbanyak diperlukan algoritma apriori untuk dapat mengetahuinya, dan dengan bantuan tools tanagra, produk dengan penjualan terbanyak dapat diketahui. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Salah satu tahap analisis asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frequensi tinggi (frequent pattern mining). Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur , yaitu : support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antaritem dalam aturan asosiasi. Algoritma apriori dapat membantu untuk pengembangan strategi pemasaran.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 4141 times
PDF - 2322 times

References

Heru Dewantara, Purnomo Budi Santoso, and Nasir Widha Setyanto, "Perancangan Aplikasi Data Mining dengan algoritma Apriori untuk Frekuensi Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjual " jrmsi, vol., 1 no.3,pp.415-426, 2013.

Robi Yanto, Riri Khoiriah, "Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat," STMIK BINA NUSANTARA, Jaya Lubuklingau, Citec Journal, Vol. 2, No. 2, Februari 2015 – April 2015 .

Dewi Kartika Pane, "Implementasi Data Mining pada Penjualan Produk Elektronik dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Kreditplus),"STMIK BUDIDARMA, Medan, Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IV, Nomor: 3, Agustus 2013.

Almon Junior Simanjuntak, "Aplikasi Data Mining untuk Pemodelan Pembelian Barang Menggunakan Algoritma Apriori", 2013.

Kennedi Tampubolon, Hoga Saragih, dan Bobby Reza, "Implementasi Data Mining algoritma Apriori pada Sistem Persediaan alat-alat Kesehatan", 2013.

A.A Gede Bagus Mariana dan I Made Dwi Putra Asana, "Analisis Keranjang Belanja dengan Algoritma Apriori pada Perusahaan retail", 2013.

Wijhah Islamika, "Analisis Asosiasi Data dengan Algoritma Apriori untuk Sistem Pendukung Keputusan Penjualan barang berbasis WEB," Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,

Larose,Daniel T,2006. Data Mining Meyhods and Models. John Willey & Sons,Inc.New Jersey.

Kusrini, Luthfi, E. T., 2009, Algoritma Data Mining, Andi Offset, Yogyakarta.

Buulolo, “ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN DI SUPERMARKET,” in Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi 2015 (SNITI), 2015, no. September 2015, pp. 4–7.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN SABUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE APRIORI ( Studi Kasus : PT. Unilever)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah INTI (Informasi dan Teknologi Ilmiah)




Jurnal INFORMASI DAN TEKNOLOGI ILMIAH (INTI)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat : Jln. Sisingamangaraja No. 338 
Email : ejurnal.stmikbudidarma@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License