Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Pencarian Hubungan Antara Waktu Pembelian Dan Barang yang Dibeli Untuk Strategi Promosi Penjualan

 (*)Tasya Marzuqah Mail (UIN Suska Riau, Pekanbaru, Indonesia)
 Inggih Permana (UIN Suska Riau, Pekanbaru, Indonesia)
 M Afdal (UIN Suska Riau, Pekanbaru, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Ledimart is a mini market that sells daily necessities. Ledimart is located in Pangkalan Kerinci District, Pelalawan Regency, Riau. The problem faced by the Ledimart minimarket is that this minimarket does not know when is the right time to carry out a promotion. To overcome these problems, this study conducted Association Rule Mining (ARM), in order to find out the relationship between the time of purchase and the goods purchased. The ARM algorithm used is the FP-Growth Algorithm. Based on the experimental results in December 2021, 6 rules were obtained, in January 2022, 6 rules were obtained, and in Ramadan 2022, 12 rules were obtained. By knowing this pattern, it is hoped that it can help Ledimart know when it is the right time to carry out promotions

Keywords


Association Rule; Data Mining; FP-Growth; Promotion

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 576 times
PDF - 167 times

References

R.C.P. Cipto, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Lintang Mart Balikpapan,” Jurnal Akuntasi Manajemen Madani, vol. 7, no. 1, pp. 1–15, Maret 2021, doi: 10.51882/jamm.v7i1.18.

A.Y. Kusuma, C. Chamariyah, & S. Subijanto, “Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Yang Dimediasi Oleh Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Wilayah Sampang),” Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, vol. 1, no. 3, pp. 189–205, September 2022, doi: 10.30640/digital.v1i3.540.

M.Y. Saleh, & M. Said, Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media, 2019.

M.G.H. Fawzi, A.S. Iskandar, H. Erlangga, N. Nurjaya, & D. Sunarsi, STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books, 2022.

A. Kurniawati & N. Ariyani, “Strategi Promosi Penjualan pada Marketplace Shopee,” Propaganda, vol. 2, no. 1, pp. 65–79, Januari 2022, doi: 10.37010/prop.v2i1.514.

A.D. Lestari & J. Dwiridotjahjono, "Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Cake Pisang Raja Impian Tuban," Jurnal Manajemen dan Sains (J-MAS), vol. 8, no. 1, pp. 203–211, April 2023, doi: 10.33087/jmas.v8i1.954.

P.D. Astuti, J. Nursyamsi, H. Haryono, & J. Utomo, “Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis (JAMAN), vol. 2, no. 1, pp. 68–77, April 2022, doi: 10.56127/jaman.v2i1.199.

D. Melati & T. S. Wahyuni, “Association Rule Dalam Menentukan Cross-Selling Produk Menggunakan Algoritma Fp-Growth," Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika (VOTEKNIKA)., vol. 7, no. 4, pp. 102-111, Desember 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i4.106499.

Y.P. Bunda, “Algoritma Fp-Growth Untuk Menganalisa Pola Pembelian Oleh-Oleh (Studi Kasus Di Pusat Oleh-Oleh Ummi Aufa Hakim),” Riau Journal of Computer Science., vol. 06, no. 01, pp. 34–44, Januari 2020.

N. Mamahit & A. Qoiriah, “Penerapan Algoritma Fp-Growth dan K-Means pada Data Transaksi Minimarket," Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), vol. 1, no. 02, pp. 78–83, Januari 2020, doi: 10.26740/jinacs.v1n02.p78-83.

S. Andika, A. Nazir, F. Wulandari, M. Affandes, R.M. Candra, & A. Akhyar, “Penerapan Data Mining Pada Hasil Tracer Study Alumni Untuk Menemukan Pola Asosiasi Dengan Algoritma Fp-Growth,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 3, pp. 464–473, Juni 2022, doi: 10.32672/jnkti.v5i3.4407.

L. M. Lestari & I. Ali, “Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Toko Ellia Umami,” Journal of Student Research (JSR), vol. 1, no. 3, pp. 367–378, Mei 2023, doi: 10.55606/jsr.v1i3.1267

D.A. Istiqomah, Y. Astuti, & S. Nurjanah, “Implementasi Algoritma FP-Growth dan Apriori Untuk Persediaan Produk,” Jurnal Informatika Polinema (JIP), vol. 8, no. 2, pp. 37–42, Februari 2022, doi: 10.33795/jip.v8i2.845.

S.Z. Harahap & A. Nastuti, “Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako dan Kebutuhan Harian dengan Menggunakan Algoritma FP-Growth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung),” Jurnal Ilmiah Fakultas Sains dan Teknologi, vol. 7, no. 3, pp. 111–119, September 2019, doi: 10.36987/informatika.v7i3.1381.

S. Hasuna, W. Hastomo, E. Sestri, & N. Kalbuana, “Implementasi Association Rule & Frequent Pattern Growth Untuk Penentuan Sistem Rekomendasi Keputusan Pembelian,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), vol. 4, no. 1, pp. 175–179, Sept. 23, 2020.

A. Abdullah, “Rekomendasi Paket Produk Guna Meningkatkan Penjualan Dengan Metode FP-Growth,” Khazanah Informatika. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 21-26, Juni 2018, doi: 10.23917/khif.v4i1.5794.

D. Indahsari, V. N. Christie & I. Maulana, “Penerapan Metode Asosiasi Dengan Algoritma FP-Growth Pada Data Transaksi PT John Tampi Group,” Computer Based Information System Journal., vol. 9, no. 2, pp. 1–9, Maret 2021, doi: 10.33884/cbis.v9i2.3835.

S. Sumirat & Y. Ramdhani, “Implementasi Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Paket Hemat Produk Skincare,” E-Prosiding Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 191–199, Des. 20, 2021.

E.F. Bya & O.O. Syarif , “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Minimarket Alfamart,” E-Proceeding of Management, vol. 8, no. 4, pp. 3121–3129, Agustus 2021.

P. Febriana, “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazizaa Chicken And Pizza Di Jambangan Surabaya,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 8, no. 1, pp. 744–749, Juni 2020, doi: 10.26740/jptn.v8n1.p%25p.

R.A. Priyani & A.R. Riva'i, “Pengaruh Konsumsi Hedonis, Promosi Penjualan, Citra Merek dan Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Di Marketplace Tokopedia,” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), vol. 4, no. 3, pp. 1892–1900, Maret 2023, doi: 10.37385/msej.v4i3.1487.

N.Z.A. Rasyidah & E. Widiati, “Analisis Bauran Pemasaran Jasa pada Minat Penggunaan Jasa Fotografi Dikala Projects,” Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), vol. 2, pp. 281-288, Mei. 12, 2023, doi: 10.36441/snpk.vol2.2023.133

E. Nurbayasari & A. Sulviani, “Analisis Perbedaan Abnormal Return Sebelum dan Sesudah Libur Idul Fitri serta Libur Tahun Baru (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018),” Jurnal Akuntansi Keuangan dan Sistem Informasi (JAKSI), vol. 1, no. 1, pp. 1-11, Maret 2022, doi: 10.31949/j-aksi.v1i1.169.

M.T. Hapsari, “Strategi Promosi Hapsari Scarf Melalui Instagram,” KOMVERSAL: Jurnal Komunikasi Universal, vol. 6, no. 1, pp. 66–88, Februari 2020, doi: 10.38204/komversal.v6i1.497.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Pencarian Hubungan Antara Waktu Pembelian Dan Barang yang Dibeli Untuk Strategi Promosi Penjualan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tasya Marzuqah, Inggih Permana, M Afdal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Publish by Universitas Budi Darma (before STMIK BUDI DARMA (P3M))
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International.